rss_feed

Desa Hanura

Jl. Jendral Ahmad Yani No 27
Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung , Kode Pos 35454

081366523278 mail_outline admin@desahanura.id

Hari Libur Nasional
Satu Muharam / Tahun Baru Hijriah
  • RIO REMOTA'', S.P

    Kepala Desa

  • YUDI APRIYANTO

    Sekretaris Desa

  • SUSILAWATI

    Kasi Kesra

  • ABDUR RAHMAN

    Kasi Pelayanan

  • SULISTIONO

    Kadus D

  • BAYU SULISTIO

    Kadus C

  • APRIANSYAH

    Kadus B

  • AGUS INDRIANI

    PIC

  • TRI AGUNG BIANTORO

    Kasi Pemerintahan

  • SATRIANI

    Kaur Keuangan

  • SHINTA MARTA SARI

    Kaur Umum

  • SHAFIRA PRIMA DAMAYANTI

    Operator

settings Pengaturan Layar

MAKLUMAT PELAYANAN : DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN DENGAN STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA KAMI KAMI TIDAK MENETAPI STANDAR PELAYANAN TERSEBUT KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN YANG BERLAKU.
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

4

Bulan Ini

4

Bulan Lalu

17

Tahun Ini

43

Tahun Lalu

161

Total
fingerprint
Desa Hanura Pesawaran Locus Studi Tiru di Lampung dan Sumatera Sumber Artikel berjudul "Desa Hanura Pesawaran Locus Studi Tiru di Lampung dan Sumatera

05 Mei 2024 19:18:38 69 Kali

pesawaran.pikiran-rakyat - Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan, salah satu desa mandiri di Kabupaten Pesawaran menjadi locus study tiru di Provinsi Lampung, dan regional Sumatera mempelajari tata kelola pemerintahan desa berbasis digital sebagai desa smart village, berjulukan desa anti korupsi, belajar ke negeri china. Kali ini, Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung, Way Kanan melakukan studi tiru di desa tersebut pada Senin 29 April 2024 setelah Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan, sebelumnya di tahun 2023 juga Pekon Gunung Tiga Kecamatan Pugung Tanggamus, termasuk desa dari Muaro Jambi, Provinsi Jambi pada Tahun 2021 lalu. " Desa Hanura Pesawaran mantap. Yang jelas kita pelajari dan memperdalami terutama management tata kelola pemerintahan desa berbabsis digital, tentunya akan kami aplikasikan di Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, Waykanan," ucap Kepala Kampung Pisang Baru kepada wartawan, Senin 29 April 2024. Sadat menjelaskan, selain, di management tatakelola pemerintahan desanya mantap, juga keterbukaan informasi publik yang benar-benar good governance (pemerintahan yang baik) sebagai salah satu desa anti korupsi. " Jadi, ini yang akan kami adopsi untuk Kampung Pisang Baru agar bisa sama dengan Desa Hanura, Pesawaran.
 
Selanjutnya akan kami sampaikan kepada teman-teman kepala kampung di Waykanan, agar bisa menjadi seperti Desa Hanura," jelasnya. Kepala Desa Hanura Rio Remota menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way kanan diberikan kepercayaan kepada Desa Hanura. " Maka dengan senang hati dan tangan terbuka untuk sama-sama ingin saling membangun desa kita masing-masing demi terwujudnya desa yang baik di Provinsi Lampung ini," ucap Rio. Maka dari itu, sambung Rio, Desa Hanura ingin sekali berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dan menjalin silaturahmi serta kekeluargaan yang luar biasa dalam studi tiru ini. " Mungkin nanti akan banyak yang kita sajikan atau apa saja yang sudah tercapai di Desa Hanura. Ini mungkin dapat menjadikan referensi untuk bisa sama-sama kita membangun dalam menjalankan roda pemerintahan desanya," jelasnya. Lebih dari itu, lanjut Rio, dalam menjalankan roda pemerintahan desa itu pentingnya SDM mumpuni untuk membangun kepercayaan masyarakat desa, masyarakat kampung. Mindset nya harus dirubah, perlu berlapang dada dengan senang hati, riang gembira. " Jadikan hobi, apa yang terjadi akan menimbulkan nilai-nilai value dalam diri kita sendiri untuk bisa sama-sama membangun dan disajikan kepada masyarakat, yakin kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT," terangnya. Rio juga mengatakan, kunci utama keberhasilan membangun desa atau kampung itu adalah sumber daya manusia (SDM) karena pentingnya pendampingan dan arahan terutama aparatur desa untuk selalu bekerja sesuai tupoksi dan regulasi. " Peran pentingnya SDM perangkat desa ini untuk selalu bersinergi dan saling berkoordinasi dalam melayani warga masyarakatnya dengan penuh hati, tanpa harus meminta imbalan dari masyarakat, karena perangkat desa, termasuk RT telah dibiayai oleh pemerintah, jika tupoksi nya tidak dijalankan itu pentingnya pembinaan dan arahan," jelasnya. Masih Rio menambahkan, itu diterapkan di Desa Hanura, disisi lain juga meluncurkan program peduli masyarakat dalam prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan kasus stunting di desa. " Jika masyarakat atau warga yang melahirkan atau sakit dirawat inap itu ada santunan dari pemerintahan desa Hanura, termasuk memberikan layanan kendaraan ambulance gratis, jadi aparatur desa sampai RT siap bekerja melayani sepenuh hati warganya," terangnya.
 
Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan saat study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis 25 April 2024.
 
Desa Tarahan di Lampung Selatan Studi Tiru ke Desa Hanura Pesawaran Sebelumnya, Koordinator Kabupaten (Korkab) pendamping Desa Kabupaten Lampung Selatan, Ali Citra menyebutkan, Desa Hanura kian ramai dikunjungi desa - desa lain dari lokal Lampung, regional sumatera maupun desa - desa dari pulau jawa, bahkan desa-desa di Indonesia melakukan studi tiru di Desa Hanura. " Ini tentunya semenjak ditetapkan sebagai desa smart village juga Desa Anti Korupsi termasuk juga peraih kategori Peduli Keterbukaan Informasi Publik hingga kadesnya mendapat kouta belajar ke Negeri China perlu dicontoh," ucapnya saat studi Tiru di Desa Hanura, Kamis, 25 April 2024. Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan saat study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis 25 April 2024. Desa Tarahan Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan saat study tiru ke Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis 25 April 2024. Menurutnya, management Tata Administrasi pelayanan Desa Hanura serba digital, maka dari itu Desa Tarahan sekarang belajar ke Desa Hanura, dan mengambil perbandingan ke desa yang lebih baik, tentunya sangat apresiasi kepada Pak Kades Tarahan punya prinsip kedepannya Desa Tarahan untuk lebih baik. "
 
Desa Tarahan untuk managemen tata kelola berbasis digital itu sudah ditiru, namun demikian juga bila dibandingkan dengan tata kelola kelurahan lebih bagus tata kelola desa, karena ini ke piawai kepala desa menjadikan desa yang baik. Itu harapan Desa Tarahan menjadi Desa Digital dengan Administrasi yang baik," tandas Ali Citra. Sementara itu, Kepala Desa Tarahan Khairullah menyampaikan keinginan itu untuk mencontoh Desa Hanura maju satu langkah Desa Tarahan, mengingat saat ini Desa Tarahan masuk desa percontohan dari 256 desa di Kabupaten Lampung Selatan. " Alhamdulillah Desa Tarahan masuk desa percontohan di Kabupaten Lampung Selatan. Tiga desa yang menjadi percontohan salah satunya Desa Tarahan, karena itu akan mewujudkan desa mandiri menyamakan tata kelola desa seperti Desa Hanura," pungkasnya.
 
Tahun 2023, Pekon Gunung Tiga Tanggamus Study Tiru ke Desa Hanura Kepala Pekon Gunung Tiga, M. Hijrah Syah Putra mengatakan, Desa Hanura adalah desa percontohan Desa anti korupsi, sebagai desa smart village, juga berbagai prestasi diraih salah satunya Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). " Jadi, Ini luar biasa di kepimpinan Kades Rio Remota. Karena itu menjadi cikal bakal semangat untuk mempelajari yang akan kami adopsi, tentu tidak jauh beda dengan Desa Hanura, dengan semangat membangun dari desa untuk Indonesia," ujar Hijrah kepada wartawan media ini, Senin 17 Juli 2023. Ia juga menyebutkan, pada intinya Pekon Gunung Tiga akan meniru seperti Desa Hanura, terutama penerapan Desa Anti Korupsi yang akan diimplementasi ke Pekon Gunung Tiga, termasuk berbagai fasilitas sarana berbasis digital akan di lengkapi dan diterapkan. " Mengingat, Pekon Gunung Tiga sudah ada sistem, tinggal perangkat keras (hardware) yang belum ada, nanti perubahan tahun 2023 akan dilakukan agar menjadi terbaik seperti Desa Hanura," tandas Kepala Pekon Gunung Tiga itu. ***
 
Editor: Wahyudin


chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

insert_photo Galeri

account_circle Pemerintah Desa

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Jendral Ahmad Yani No 27
Desa : Hanura
Kecamatan : Teluk Pandan
Kabupaten : Pesawaran
Kodepos : 35454
Telepon : 081366523278
No. HP :
Email : admin@desahanura.id

message Komentar Terkini

  • person admin

    date_range 23 Mei 2022 04:42:58

    harga tanah di hanura bervariasi tergantung dari letaknya, [...]
  • person Hari dian k

    date_range 20 Mei 2022 17:24:09

    mau tny harga tanah permeter di desa hanura [...]

contacts Media Sosial

assessment Statistik

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 124
Kemarin : 416
Total Pengunjung : 211.140
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 44.221.66.130
Browser : Tidak ditemukan
TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDesa 2024 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

Pendapatan Desa
Rp. 897.983.242,00 | Rp. 2.068.119.189,00
43.42 %
Belanja Desa
Rp. 125.154.016,00 | Rp. 2.126.963.760,00
5.88 %
Pembiayaan Desa
Rp. 99.044.571,00 | Rp. 99.044.571,00
100 %
insert_chart
APBDesa 2024 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 53.900.000,00 | Rp. 254.350.000,00
21.19 %
Dana Desa
Rp. 762.014.400,00 | Rp. 1.270.024.000,00
60 %
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp. 1,00 | Rp. 46.855.017,00
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 82.060.368,00 | Rp. 494.890.172,00
16.58 %
Bunga Bank
Rp. 8.473,00 | Rp. 2.000.000,00
0.42 %
insert_chart
APBDesa 2024 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp. 96.998.164,00 | Rp. 1.207.260.417,00
8.03 %
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp. 16.655.850,00 | Rp. 599.698.442,00
2.78 %
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa
Rp. 1,00 | Rp. 147.698.573,00
0 %
Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa
Rp. 1,00 | Rp. 48.000.000,00
0 %
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp. 11.500.000,00 | Rp. 124.306.328,00
9.25 %